Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
Unit Aritmatika dan Logika,
 atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan 
pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan,
 dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT),
 dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua 
slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang 
sebenarnya.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
 dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan
 kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir 
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern 
dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
 Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata 
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut 
disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk 
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau 
tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
 kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai 
kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga 
digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata 
tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang
 hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika 
mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang 
membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, 
dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi
 sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan 
dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang 
bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan 
(meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan
 ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" 
dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" 
bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru
 Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video,
 PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat 
elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer 
yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa 
program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer).
 Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat 
yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi 
bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte
 yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing 
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah 
untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin 
berisi data
 yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot 
mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin 
saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. 
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan 
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan 
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 
(atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi 
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video,
 dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu 
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori 
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan 
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat 
dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari 
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah
 secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan 
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai 
matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan
 jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU
 (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang 
diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang 
ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi 
dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi 
yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit 
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer 
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - 
Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing 
Unit).
Unit kontrol
 menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
 ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) 
yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali
 hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol 
pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O
 membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh
 hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik
 (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode
 data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. 
Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa 
manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah 
terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami 
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di 
sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 
345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk 
"menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus
 yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
 komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
 komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
 "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin 
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
 Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, 
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU.
 Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu 
yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam 
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga 
listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
 hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja
 secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai 
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah 
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah 
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. 
Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, 
hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang 
sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer
 adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali 
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan 
perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah 
komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar
 perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa 
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
 melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, 
pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk 
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu 
membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa 
ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program 
sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda.
 Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian 
setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan 
beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke 
sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program
 lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS
 di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja
 masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi
 ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam 
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program 
komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya 
memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan dijalankan, kapan, 
dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
 operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain, seperti 
kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin 
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung 
pada komputer.
Penggunaan komputer
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan 
biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan
 untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC,
 komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu 
balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang 
neutron untuk melihat jika bom hidrogen
 akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada 
Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari 
satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II.
 Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan 
membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data
 dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - 
misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam 
bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer 
untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka 
dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan 
pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk 
menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama
 yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi
 diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC
 menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis 
dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang 
matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai 
menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil,
 pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam
 menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan 
kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem
 di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,
 kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi 
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan 
bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
 Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
- Program komputer
 Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
 
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
 Artikel utama untuk bagian ini http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=816569525063816842#editor/target=post;postID=4345859815824856712adalah:
Artikel utama untuk bagian ini http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=816569525063816842#editor/target=post;postID=4345859815824856712adalah:  
Tidak ada komentar:
Posting Komentar