Grafika
komputer (Inggris: Computer
graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan
pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari
grafika komputer adalah grafika
komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D,
pemrosesan
citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Grafik Komputer terbagi menjadi beberapa bagian antara lain :
- Desain
- Grafik Presentasi
- Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi
commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak
grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat
lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator,
Macromedia, dan sebagainya.
- Film
Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan,
mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah
bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Pembagian grafika komputer
Bagian dari grafika
komputer meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Perkembangan
Implementasi Grafika Komputer
Grafik
komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari teknik pembuatan dan
manipulasi gambar (objek visual) secara digital. istilah grafik komputer
ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. pada saat itu grafik komputer
didefinisikan sebagai pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan
menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi. Pada tahun
1963 perkembangan teknologi grafik komputer ditandai dengan ditemukannya
Sutherland atau MIT, Sketchpad yang digunakan untuk manipulasi secara langsung,
alat untuk menampilkan Caligraphic (vector) dan Mouse oleh Douglas Englebert. perkembangan grafik komputer juga ditunjukan
dalam bidang perfilman.
pada
tahun 1977 film Star Wars mulai menggunakan grafik komputer. hal ini berlanjut
sampai tahun 1995 dengan diproduksinya film animasi Toy Story sebagai film
animasi 3D panjang pertama di dunia. akhir tahun 90an ditemukan teknologi
visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic
rendering, image based rendering, dll. dan ahrirnya pada tahun 2000 teknologi
hardware untuk real-time photorealistic rendering ditemukan.
PENGOLAHAN
CITRA
Pengolahan citra
adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada
usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu.
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog
dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling.
Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang
kontinu. Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan. Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.
Kuantisasi
Ada kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata yang didapat di relasikan ke level warna tertentu. Contohnya apabila dalam citra hanya terdapat 16 tingkatan warna abu-abu, maka nilai rata-rata yang didapat dari proses sampling harus diasosiasikan ke 16 tingkatan tersebut. Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu disebut dengan kuantisasi.
Derau
Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & pepper.
Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan noise.
KESAN :
Kami mendapatkan tugas ini melalui beberapa referensi dari google, setelah kami melihat dan membaca beberapa artikel inilah yanga menurut kami paling cocok dengan tema yang kita inginkan .